Tanggal 30 Oktober Hari Mengingati Apa?

Tanggal 30 Oktober Hari Mengingati Apa?

Tanggal 30 Oktober 2022 jatuh di hari Minggu. Di hari ini, ada peringatan Hari Keuangan Nasional. Disamping itu, ada pula peringatan lain ini hari. Berikut sejumlah hari istimewa yang jatuh pada 30 Oktober 2022.

Hari Keuangan Nasional

Hari Keuangan Nasional atau Hari Oeang Republik Indonesia (ORI) diperingati tiap tahun di tanggal 30 Oktober. Ini hari mempunyai tujuan untuk tingkatkan kesadaran akan keutamaan perkuat kedaulatan negara lewat pengokohan nilai mata uang rupiah.

Ada Hari Keuangan Nasional diharap menjadi pengingat jika uang punya Indonesia sebagai alat penyatu bangsa sekalian sebagai simbol identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia. Background dibikinnya ini hari tidak terlepas dari riwayat terbitnya ORI yang sah tersebar dan berlaku di Indonesia pada 30 Oktober 1946.

Menteri Keuangan Sjafruddin Prawiranegara sebagai orang pertama kali yang menyarankan supaya pemerintahan Indonesia selekasnya mengeluarkan mata uang sendiri sebagai alternatif mata uang Jepang. Tetapi, kebatasan dana, fasilitas prasarana dan tenaga pakar di bagian keuangan membuat saran itu tidak langsung bisa dilaksanakan.

Apa lagi, Belanda masih mengusik kedaualatan Indonesia, terhitung dengan gagasan keluarkan mata uang baru yang hendak makin tingkatkan inflasi di Indonesia.

Di tanggal 2 Oktober 1945, pemerintahan Indonesia yang tidak tinggal diam keluarkan amanat yang memutuskan jika uang Nederlandsch Indie Civil Administrative (NICA) tidak berlaku di daerah Indonesia.

Sebagai tukarnya, pemerintahan Indonesia untuk pertamanya kali cetak dan resmikan uang kertas Republik Indonesia pertama kali yang dikenali dengan Oeang Republik Indonesia.

Usainya British Summer Time (BST)

British Summer Time (BST) sebagai zone waktu di Inggris yang mengaplikasikan Daylight Saving Time saat musim panas.

See also  Kritikan Perppu Cipta Kerja, HNW: Presiden Acuhkan Keputusan MK

Daylight Saving Time sebagai rekonsilasi dengan lebih memajukan waktu satu jam lebih cepat hingga waktu siang jadi lebih panjang dari saat malam.

Mekanisme ini diaplikasikan di beberapa negara dengan 4 musim sebagai cara penghematan energi. BST diawali di hari Pekan terakhir bulan Maret yang jatuh di tanggal 27 Maret tahun ini dan dipakai sampai diawalinya musim luruh di hari Pekan terakhir bulan Oktober. Pada waktu itu, zone waktu akan balik ke Greenwich Mean Time (GMT).

About admin

Check Also

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali Staff Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo …