Manfaat Daun Kersen: Jamu Beri Pencegah Infeksi dan Pemudar Sisa Cedera

Manfaat Daun Kersen: Jamu Beri Pencegah Infeksi dan Pemudar Sisa Cedera

Kersen (Muntingia calabura) banyak tumbuh disekitaran lingkungan kita. Daunnya yang lebat dan relatif gampang dikontrol jadikan kersen tanaman favorite, baik di tepi jalan, atau pelataran.

Di beberapa wilayah, kersen disebutkan berlainan. Ada yang mengatakan kersem, seri, ceri, talok atau kerukup siam. Buah kersen umumnya dicintai oleh anak-anak.

Daerah perkembangannya massif karena buahnya sebagai favorite burung dan kelelawar. Mereka lah yang menebarkan tanaman peneduh ini.

Walau banyak tumbuh disekitaran kita, tidak banyak yang ketahui manfaat daun kersen untuk kesehatan. Nach, belakangan ini team mahasiswa Fakultas Farmasi, Kampus Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sukses membuat pengembangan jamu beri konsentrat daun kersen sebagai therapy antiseptik, antiinflamasi, dan pemudar sisa cedera.

Tiga team Farmasi UMP itu yaitu Nur Safitri, Naurah Syifa dan Ananda Syafila dengan dosen pembina apt. Arini Syarifah, M.Sang. Ketua Team Nur Safitri menjelaskan Pengembangan jamu beri obat cedera yang dibikin itu bukan hanya menahan infeksi tapi sekalian bisa menyarukan sisa cedera.

“Daun kersen pemanfaatanya terbatas walau sebenarnya daun kersen bisa dipakai sebagai antiinflamasi dan antibakteri. Disamping itu dipasaran tidak ada obat cedera beri yang dibuat dari daun kersen. Tentu saja paling prospektif dan bisa berkompetisi lewat produk obat cedera yang lain telah ada dipasaran,” ucapnya,

Kekuatan Jamu Asli Indonesia

Menurut dia, jamu beri itu memiliki kandungan konsentrat lidah buaya yang bisa menolong memudarkan sisa cedera.

Gagasan usaha yang di inspirasi dari riset daun kersen yang sudah dilakukan oleh Imro’atul dkk sukses mendapat permodalan Program Kreativitsa Mahasiswa Kewiraswastaan (PKM-K) dari Kemendikbud dengan judul “Kesempatan Usaha Jamu Beri `Versen` 3 In 1 Sebagai Therapy Cedera Tiga Dampak (Antiseptik, Antiinflamasi, Dan Pemudar Sisa Luka)”.

See also  Berkas Kasus Ferdy Sambo Cs Sah Dilimpahkan ke PN Jaksel

Dosen Pembina Arini Syarifah, M.Sang. menjelaskan, team yang dituntunnya menggagas inovasi produk jamu baru yakni obat cedera dengan bahan dasar alam daun kersen dan lidah buaya.

“Kesempatan usaha jamu terutamanya jamu beri untuk therapy cedera dengan memakai daun kersen paling prospektif ingat tanaman ini benar-benar gampang ditemui dimana saja dan bahan baku yang dipakai murah,” kata Arini.

Menurut dia, produk itu bisa diperkembangkan lebih jauh hingga menjadi produk jamu asli Indonesia.

“Sekarang ini sedang dilaksanakan pembahasan document untuk didaftarkan Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memperoleh izin beredar hingga diharap produk ini bisa dipasarkan bukan hanya dalam Indonesia tapi juga di luar Indonesia,” terang ia.

 

About admin

Check Also

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali Staff Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo …