LSI Denny JA: Tingkat Kepercayaan Khalayak ke Kapolri Lebih Tinggi Dibanding ke Lembaga Polri

LSI Denny JA: Tingkat Kepercayaan Khalayak ke Kapolri Lebih Tinggi Dibanding ke Lembaga Polri

Instansi survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA mengutarakan jika warga lebih yakin performa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dibanding performa Polri.

“Warga yang yakin pada polisi ada di angka 59,1 %. Tingkat keyakinan pada performa Kapolri ada pada angka 65 %,” kata periset LSI Denny JA Ardian Sopa dalam penjelasannya.

Ardian meneruskan, dengan begitu, jarak keyakinan pada Kapolri dibanding institusinya sejumlah 6 %. Menurut LSI Denny JA, tingginya khalayak yang yakin dikarenakan oleh khalayak menyaksikan keseriusan Kapolri bersihkan kembali performa kepolisian.

Ardian ikut memberikan contoh salah satunya pemicu turunnya citra Polri yakni bencana Kanjuruhan. “Jatuhnya korban wafat dalam bencana bola itu sangat banyak: 132 nyawa melayang-layang. Polisi dituding karena pemakaian gas air mata, yang kedaluwarsa juga,” ungkapkan ia.

Walau begitu, khalayak masih menyimpan keinginan ke Polri untuk membenahi performanya. Bisa dibuktikan, dari survey ini memperlihatkan sekitar 85 % warga mengharap polisi bisa tingkatkan kembali keyakinan khalayak.

“Sebagai instansi negara pasti keyakinan khalayak penting untuk polisi. Makin kuat keyakinan khalayak, makin gampang polisi sukses jalankan peranannya,” papar Ardian.

Sebagai info, survey ini dilaksanakan pada 11-20 September 2022 dengan penelitian kualitatif.

Survey memakai 1.200 informan di 34 Propinsi di Indonesia. Interviu dikerjakan secara bertemu muka (face to face interviu).

Adapun margin of error survey ini ialah sebesar kurang lebih 2,9 %. Penelitian kualitatif dilaksanakan dengan riset media, Konsentrasi Grup Discussion (FGD), dan indepth interviu.

See also  20 Polisi Akan Lalui Sidang Etik Karena Tragedi Kanjuruhan, Terhitung Kapolres Malang