Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Award 2022

Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Award 2022

Presiden Joko Widodo terima penghargaan Global Citizen Award dari Atlantic Council pada acara Global Food Security Komunitas yang diadakan di Kecak Ballroom, Sofitel Nusa Dua Beach Resor, Kabupaten Badung, Propinsi Bali, pada Minggu malam. Dalam sambutannya, Presiden mengatakan jika penghargaan itu jadi motivasi untuk tingkatkan ikut serta dalam menuntaskan persoalan dunia.

“Terima kasih atas penghargaan Global Citizen Award ke saya dan ini akan semakin berikan motivasi saya dan pemerintahan Indonesia untuk jalankan tanggung-jawab besar jadi sisi dari jalan keluar dunia,” tutur Jokowi.

Kepala Negara menjelaskan, sepanjang bekerja dianya tak pernah berpikiran untuk memperoleh penghargaan. Karena, Jokowi akui cuma melakukan pekerjaan dengan penuh tanggung-jawab dan sesuai nilai kemanusiaan.

“Tak pernah terpikirkan di pikiran saya mendapat penghargaan yang terhormat ini. Yang sejauh ini saya kerjakan ialah cuma bekerja sebagus mungkin dengan penuh tanggung-jawab untuk nilai-nilai kemanusiaan,” ucapnya.

Disamping itu, Indonesia sebagai negara majemuk yang terdiri dari 17 ribu pulau, 1.340 suku bangsa, dan 652 bahasa lokal dipandang sudah mengajari nilai-nilai toleran, perdamaian, persatuan, sampai kerja-sama.

Oleh karenanya, Jokowi kerap meluangkan langsung turun ke lapangan untuk menyaksikan kesusahan yang ditemui warga. “Kesusahan paling besar selalu dirasa oleh mereka yang ada di bawah, oleh keluarga miskin, oleh negara yang berpendapatan rendah.

Oleh karenanya, saya selalu usaha keras untuk perjuangkan kemerdekaan rakyat kecil dan mengumandangkan kebutuhan beberapa negara berpendapatan rendah di beberapa komunitas,” bebernya. Presiden memperjelas jika dunia tidak bisa dibuat dengan persaingan dan keserakahan. Tetapi harus dibuat dengan toleran dan kerja-sama yang sama-sama menghargai dan sama-sama memberikan keuntungan.

See also  Jokowi Akan Hadiri Indo Defence Expo and Komunitas 2022

Lewat semangat toleran dan kerja-sama itu, Indonesia akan jalankan instruksi sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dan keketuaan Indonesia di ASEAN di tahun 2023 kedepan. “Presidensi Indonesia di G20 tahun ini dan keketuaan Indonesia di ASEAN barusan telah diserahterimakan ke saya tahun depannya didasari dengan semangat-semangat itu,” tutur Jokowi.

Untuk dipahami, penganugerahan Global Citizen Award sebagai acara tahunan yang diadakan Atlantic Council di antara Sidang Majelis Umum PBB di New York. Pada acara yang diadakan pada 19 September 2022 lalu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi datang langsung untuk sebagai wakil Presiden Jokowi terima penghargaan itu. Beberapa figur dunia sempat juga mendapatkan penghargaan itu karena dipandang sudah memberi kontributor riil untuk dunia.

Salah satunya ialah almarhum Pertama Menteri Jepang Shinzo Abe, Pertama Menteri Kanada Justin Trudeau, bekas Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, sampai Pertama Menteri Belanda Mark Rutte.

Selainnya ke Presiden Jokowi, penghargaan Global Citizen Award tahun 2022 dianugerahi ke Presiden Finlandia Sauli Niinistö, Pertama Menteri Swedia Magdalena Andersson, CEO Google dan Alfabet Sundar Pichai, dan artis dan UNESCO Special Envoy for Peace and Reconciliation Forest Whittaker.