Jokowi Berjumpa Raja Philippe: Belgia Salah Satu yang Pertama Mengakui Kemerdekaan RI

Jokowi Berjumpa Raja Philippe: Belgia Salah Satu yang Pertama Mengakui Kemerdekaan RI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi lakukan diskusi dengan Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie di tempat tinggal sah keluarga kerajaan Belgia di Istana Laeken, Brussels. Dalam tatap muka itu, Jokowi sampaikan apresiasinya atas hubungan ke-2 negara yang telah terikat lebih dari 70 tahun.

Lebih dari 70 tahun juga, kata Jokowi, Belgia jadi partner penting dan vital Indonesia. Sebagai sisi dari Komisi Tiga Negara tahun 1949, Belgia jadi sisi penting riwayat kemerdekaan Indonesia.

“Belgia salah satunya negara Eropa yang pertama kalinya mengaku kemerdekaan Indonesia,” kata Jokowi dalam info tercatat. Tatap muka diadakan di antara kegiatan KTT Uni Eropa – ASEAN yang dituruti Jokowi di Belgia.

Karena itu, Jokowi mengundang langsung Raja Philippe untuk bertandang ke Indonesia. “Saya pikir hubungan ini jadi modal penting kerja sama Indonesia-Belgia di depan,” katanya.

Selainnya mengulas hubungan ke-2 negara, Jokowi mengulas rumor pengokohan kerja-sama ekonomi, dan kerja-sama di bagian perubahan cuaca dalam tatap muka yang berjalan sekitaran 30 menit itu.

Saat sebelum berjumpa Raja Philippe, Jokowi terlebih dahulu berjumpa Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Hotel Steigenberger Wiltcher’s, Belgia. Ke-2 pimpinan mengulas beragam rumor, satu diantaranya sektor pertahanan dan industri vital.

Ke Fiala, Jokowi menghargai keterlibatan Ceko pada Indo-Defense 2022 yang diadakan di Jakarta, beberapa lalu. Jokowi menginginkan kenaikan kerja-sama pertahanan dan industri vital ke-2 negara. “Lewat diantaranya produksi bersama, pindah teknologi, dan investasi manufacturing,” kata Jokowi.

Disamping itu Jokowi menggerakkan kenaikan perdagangan, diantaranya pemercepatan penuntasan Indonesia-EU CEPA. “Saya harap gagasan investasi Ceko dapat selekasnya diwujudkan,” sebut Jokowi.

See also  Prabowo Tunjukkan Keakrabannya dengan Presiden Perancis Saat Dampingi Jokowi di Bali

Jokowi juga ikut mengundang Ceko pada Indo-Pacific Infrastructure Forum yang hendak diadakan di Indonesia pada 2023. Acara ini diadakan dalam rencana membuat arsitektur yang inklusif supaya kestabilan, perdamaian, dam kemakmuran bisa dijaga.

Paling akhir, Jokowi mengucapkan terima kasih atas simpati PM Ceko atas bencana gempa Cianjur. Disamping itu Presiden sampaikan selamat untuk Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini. “Selamat untuk Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bersamaan dengan momen 45 tahun kerja sama ASEAN-Uni Eropa,” kata Jokowi.

Dalam pada itu PM Ceko Petr Fiala dalam sambutan pengantarnya mengucapkan selamat untuk presidensi Indonesia di G20. Fiala ucapkan selamat untuk keketuaan ASEAN di tahun depannya.

 

About admin

Check Also

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali Staff Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo …