Jalan Tepian Kota Batu-Malang Longsor, Kendaraan Roda Empat Dilarang Lewat

Jalan Tepian Kota Batu-Malang Longsor, Kendaraan Roda Empat Dilarang Lewat

Akses Jalan Raya Giripurno tepian Kabupaten Malang dan Kota Batu, Jawa Timur atau Jurang Susuh ambles dan longsor di ke-2 segi, pada Sabtu sekitaran jam 17.30 WIB. Ambles karena aspal jalan terkikis akar pohon yang roboh karena intensif hujan yang tinggi selama seharian.

“Hujan dengan intensif tinggi menyebabkan tanah jemu ambrol hingga pohon di tepi jalan ambruk dan makan nyaris setengah tubuh jalan. Sekarang ini sementara jalan cuma bisa di lalui oleh kendaraan beroda 2,” kata Ahmad Choirul Rochim, Kasie Logistik dan Kedaruratan Tubuh Pengendalian Musibah Wilayah (BPBD) Kota Batu, Sabtu (26/11) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tetapi keadaan jalan mencelakakan untuk dilalui, khususnya kendaraan beroda 4. Petugas sudah memberi batasan pengaman supaya pengendara waspada dan tidak jatuh atau terjerumus ke jurang.

Unit Lalu Lintasi Polres Malang, mengubah arus jalan raya kendaraan beroda 4 yang ke arah Kota Batu lewat Karangploso, Kabupaten Malang, Sabtu (26/11). Peralihan arus buat meminimalkan penimbunan kendaraan karena tanah longsor dan pohon roboh di tubuh jalan di daerah Jurang Susuh itu.

Jalan itu sebagai jalan propinsi yang menyambungkan Malang dan Batu lewat Karangploso. Lokasi longsor pas ada di tepian di antara Dusun Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dan Dusun Giripurno, Kecamatan Bimiaji, Kota Batu.

Lajur ini penting untuk warga yang melancong ke Malang-Batu maupun kebalikannya. Umumnya jadi lajur beberapa pelancong luar kota, karena lebih dekat dijangkau dari pintu keluar tol Karanglo, Singosari.

“Petugas di atas lapangan masih lakukan penutupan lajur, cuma dapat dilewati oleh beroda 2,” kata Iptu Taufik, Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik di Polres Malang.

See also  Mitos Virus Komputer Umum yang Seharusnya Tidak Anda Percaya

Petugas tutup lajur yang ke arah Batu dari pertigaan Polsek Karangploso. Semua kendaraan beroda 4 atau lebih ditujukan ke Barat ke arah jalan Panglima Sudirman selanjutnya ke arah pertigaan Pendem, demikian sebaliknya.

“Semua kendaraan beroda 4 ataupun lebih jangan lewat, karena lokasi tanah longsor masih beresiko bila dilewati kendaraan besar,” sambungnya.

Petugas dari Polsek Karangploso dan Sat Lalu, tergabung dengan Polres Batu, BPBD, Tagana, dan sukarelawan yang lain telah disiagakan di lokasi longsor untuk memperhitungkan masyarakat supaya tidak ada yang lewat.

Warga yang ingin melancong ke Batu dari arah Malang, dapat memakai lajur Dinoyo-Landungsari supaya tidak terjerat kepadatan kendaraan disekitaran Karangploso.