Dorong MK Pikirkan Penglihatan DPR, Sufmi Dasco: Banyak Rakyat Ingin Mekanisme Pemilu Terbuka

Dorong MK Pikirkan Penglihatan DPR, Sufmi Dasco: Banyak Rakyat Ingin Mekanisme Pemilu Terbuka

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Koordinator Sektor Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad minta beberapa hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menimbang padangan DPR.

Menurut dia, MK sebagai pembikin undang-undang (UU) dalam putuskan kasus mekanisme seimbang pemilu harus dapat menyaksikan dinamika dalam beragam sidang yang terdapat.

“Banyak rakyat yang inginkan mekanisme terbuka pada Penyeleksian Umum (Pemilu) 2024,” papar Dasco, diambil dari info persnya, Rabu (8/2/2023).

Dia mengutarakan, bila seimbang terbuka sah ditetapkan jadi mekanisme penyeleksian legislatif pada Pemilu 2024, mekanisme ini akan memberi peluang ke semua elemen warga untuk mencalonkan diri sebagai legislatif.

“Pemikiran dari DPR, pemerintahan, dan keinginan banyak orang tentu saja ingin menyaksikan demokrasi di Indonesia berjalan baik,” katanya.

Bila seimbang terbuka ditetapkan, warga bisa memutuskan secara langsung wakil-wakil legislatifnya sekalian mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

“Semoga kita semakin lebih memberi peluang ke semua elemen kelompok masyarakat untuk mencalonkan diri dan berlaga ke legislatif lewat partai-partai politik yang terdapat,” berharap Dasco.

Untuk dipahami, perwakilan dari DPR RI awalnya telah mendatangi judicial ulasan (sidang tes materi) di MK berkaitan tuntutan UU Nomor tujuh tahun 2017 mengenai Pemilu dalam kasus Nomor 114/PUU-XX/2022, Kamis (26/01/2023).

See also  Ramuan Herbal Rasulullah untuk Sa'ad bin Abi Waqash yang Menanggung derita Penyakit Jantung

About admin

Check Also

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali

Istana Telah Terima Surat Pemunduran diri Zainudin Amali Staff Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *