Cuaca Berlebihan Berbuntut Musibah dan Maut di Indonesia Seminggu Paling akhir

Cuaca Berlebihan Berbuntut Musibah dan Maut di Indonesia Seminggu Paling akhir

Cuaca berlebihan berbuntut musibah banjir sampai longsor terjadi di beberapa wilayah Indonesia seminggu paling akhir, bahkan juga beberapa salah satunya berbuntut maut.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan laporan kekuatan cuaca berlebihan. Tetapi, dinamika atmosfer itu diprediksikan bersambung sampai seminggu di depan..

“BMKG sudah keluarkan launching kekuatan cuaca berlebihan, dan berdasar analitis terbaru jika keadaan dinamika atmosfer di daerah Indonesia masih lumayan berarti mempunyai potensi menyebabkan kenaikan kekuatan cuaca berlebihan di sejumlah daerah dalam seminggu di depan,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam info resminya.

Banyak wilayah berikut terdaftar alami musibah selesai dihajar cuaca berlebihan seminggu kemarin ialah:

Aceh Timur
Cuaca berlebihan kenyataannya lumayan banyak mengakibatkan musibah di beberapa daerah Indonesia. Di Aceh, misalkan. Sekitar 1.436 masyarakat pindah karena banjir yang menerpa Aceh Timur, Propinsi Aceh.

Mayoritas dari masyarakat pindah ke balai desa, meunasah, mushola, dan dayah.

Tidak cuma Aceh Timur, daerah Aceh yang lain seperti Aceh Utara ikut alami banjir yang mengakibatkan masyarakat pindah. Berdasar data Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara, sekitar 35.618 masyarakat disampaikan pindah karena banjir.

Lumajang
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Jawa Timur, menulis sebelas rumah dan satu pura hancur karena tanah longsor dan banjir besar di permukiman masyarakat Suku Tengger, Dusun Ranu Pani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sebelas rumah yang terimbas itu alami hancur enteng atau sedang.

Musibah itu terjadi karena hujan lebat yang mengguyuri lereng Gunung Semeru mengakibatkan tanah longsor dan banjir dibarengi lumpur terjang permukiman masyarakat. Selainnya mengakibatkan rumah hancur, tanah longsor mengakibatkan akses jalan yang menyambungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang lewat Dusun Ranu Pani tidak bisa dilewati kendaraan, baik beroda 2 atau beroda 4.

See also  BMKG: DKI Jakarta Hujan pada Malam Hari, Kekuatan Petir di Jakbar dan Jaksel

Jakarta
Sekitar 68 RT di Jakarta tergenang banjir.

Daerah yang terimbas diantaranya Kelurahan Pejaten Timur, Kelurahan Pengadegan, Kelurahan Rawajati, Kelurahan Kebon Baru, Kelurahan Manggarai, Kelurahan Cililitan, Kelurahan Cawang, Kelurahan Bidara Cina, dan Kelurahan Daerah Melayu.

Di daerah Cawang, beberapa ratus orang pindah karena banjir yang karena limpahan Kali Ciliwung. Lurah Cawang, Didik Diarjo menjelaskan sekitaran 200 pengungsi menyebar di musala Al Hidayah, PT BIdar Timur, dan rumah kosong di RT 5 teritori itu.

3 orang pelajar meninggal karena terkena tembok bangunan di MTSN 19, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Tembok itu ambruk karena ditembus banjir. BPBD DKI Jakarta juga menulis ada tiga korban cedera lain karena kejadian itu.

Ke-3 nya sempat dirawat di Rumah Sakit Prikasih dan sekarang sudah dipulangkan ke rumah masing-masing.

Bogor
Sebelas rumah di dusun kawasan Puncak, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat hancur selesai ditembus tanah longsor.

Kapolsek Megamendung AKP Eddy Santosa menjelaskan kejadian itu yang karena intensif hujan tinggi. Walau demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tanah longsor itu.

Sukabumi
Dua rumah dan satu pabrik tahu di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tenggelam terikut banjir arus Sungai Cibareno yang melimpah pada Minggu. Sementara belasan rumah tergenang banjir.

Kapolsek Cisolok AKP Aguk menjelaskan selainnya rumah, sarana lain seperti SDN Sudalarang di Daerah Bantar Kalapa dan sawah sekitaran tiga hektar ikut tergenang banjir. Walau demikian, tidak ada laporan korban jiwa karena musibah itu.

Banten
Banjir memendam empat kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, yaitu Bayah, Panggarangan, Cilograng, dan Cibeber. Banjir terjadi karena hujan lebat yang mengguyuri semenjak Minggu siang sampai mengakibatkan beberapa sungai Cisiih, Cibareno, Cimadur, sampai Cijantra melimpah.

See also  SlavaSoft mengubah industri olahraga nyata dengan aplikasi pintar!

Mengakibatkan, beberapa ratus rumah dan sawah tergenang. Tanah longsor terjang Lebak Selatan. Bahkan juga, jembatan penyambung di antara Kabupaten Lebak dengan Kabupaten Sukabumi hancur kronis dan tidak dapat dilalui.

Denpasar
Sekitar 4 orang di Denpasar Utara, Bali, terbawa arus banjir di Jembatan Sungai Jalan Bung Tomo. Seseorang salah satunya disampaikan meninggal karena kejadian itu.
Disamping itu, di daerah Seminyak beberapa wisatawan asing dievakuasi karena terjerat banjir, Sabtu pagi.

“Dua team dikeluarkan ke arah lokasi dan langsung melakukan proses penyelamatan bersama elemen SAR yang lain,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali Besar Darmada masalah penyelamatan wisatawan di Seminyak.

Banyumas
Tanah longsor menerpa 13 dusun di daerah Kabupaten Banyumas, Jawa tengah, karena hujan deras yang terjadi. Sementara tujuh dusun tergenang banjir karena cuaca itu.

Kepala Pelaksana BPBD Budi menjelaskan banjir sempat menggenangi batas jalan Raya Wangon-Lumbir hingga mengusik arus jalan raya di lajur selatan Jawa tengah. Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto menjelaskan minimal tiga rumah hancur karena tanah longsor itu.

Seram Barat
Sekitar 26 rumah disampaikan tenggelam karena banjir yang menerpa Dusun Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten seram Sisi Barat, Maluku. Banjir disebutkan terjadi dampak hujan dengan intensif tinggi.

Seorang masyarakat juga sempat mengamuk dan protes sesudah dua rumah yang ada di Desa Air Salobar tenggelam terikut arus sungai. Masyarakat itu, Santi, marah karena tempat tinggalnya tergenang banjir karena tugas project jembatan dan beberapa alat berat mengeruk sungai.

BMKG memprediksi hujan akan terjadi di beberapa daerah, diantaranya Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, dengan saat yang berbeda. BMKG mengingati hujan dengan intensif sedang sampai lebat mempunyai potensi ada dibarengi kilat/petir dan angin ribut.

See also  Rizky Billar Tidak Harus Hadir Saat Olah TKP, Ini Penyebabnya

“Siaga kekuatan hujan sedang sampai lebat yang bisa dibarengi kilat/petir dan angin ribut di saat di antara siang/sore sampai malam hari di beberapa daerah,” tutur BMKG melalui tayangan jurnalis, Senin.

 

About admin

Check Also

Ismail Berlubang Tegaskan Tidak Pernah Bertemu Kabareskrim Polri Agus Andrianto

Ismail Berlubang Tegaskan Tidak Pernah Bertemu Kabareskrim Polri Agus Andrianto Penyidik Dittipidter Bareskrim Polri telah …