AHY: Masalah Ekonomi Kita Sulit, Bujet Terlampau Banyak untuk Project Mercusuar

AHY: Masalah Ekonomi Kita Sulit, Bujet Terlampau Banyak untuk Project Mercusuar

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjelaskan masalah ekonomi di Indonesia yang makin turun dipandang karena pengendalian keuangan negara tidak diatur baik.

Ia memandang, keuangan negara kebanyakan dipakai untuk project mercusuar yang tidak sentuh langsung ekonomi warga kelas bawah.

“Masalah ekonomi kita makin sulit karena keuangan negara tidak diatur baik,” tutur AHY dalam pidato politik yang dikatakan di atas lapangan tenis indoor, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023).

“Bujet kebanyakan dipakai untuk mengongkosi beberapa proyek mercusuar yang sedikit berpengaruh pada kehidupan wong cilik,” tambahnya.

Menurut AHY, keadaan ekonomi makin diperburuk hutang yang makin menimbun di periode pemerintah presiden Joko Widodo.

Menurutnya, sepanjang delapan tahun akhir hutang negara bertambah 3x lipat.

“Dalam pada itu minus bujet coba tertutupi hutang pemerintahan, dalam delapan tahun akhir ini, angka peningkatan hutang pemerintahan 3x lipat,” papar Ahy.

Ia membacakan data yang disebutkan dari Kementerian Keuangan. Pada 2023, kata AHY, hutang Indonesia capai Rp 7.733 triliun.

“Belum juga hutang BUMN yang makin lebih buruk, sejumlah Rp 1.640 triliun rupiah. Rasio hutang dalam PDB makin tinggi, kembali lagi ada faksi yang berdaluh jika rasio hutang saat ini masih aman,” sebut ia.

Walau sebenarnya, kata AHY, hutang negara dibayarkan tidak lain dari keringan warga yang berusaha untuk bayar pajak.

“Bukan itu masalahnya, ini kita kesusahan bayar hutang karena kuangan negara tengah hadapi penekanan. sebenarnya masyarakat lah yang hendak memikul hutang, melalui pajak, benar!” papar ia disongsong teriakan kader Demokrat yang datang pada acara pidato politik itu.

See also  Fadel Muhammad Berharap Tidak Ada Penangguhan Pemilu 2024

About admin

Check Also

Belasan Ribu ASN Berpindah ke IKN, Akan Diprioritaskan yang "Singgel"

Belasan Ribu ASN Berpindah ke IKN, Akan Diprioritaskan yang “Singgel”

Belasan Ribu ASN Berpindah ke IKN, Akan Diprioritaskan yang “Singgel” Wakil Kepala Otorita Ibu Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *